Pengunjung

Pengikut

we are family On Sabtu, 28 Maret 2020

Gambar 1 Masjid Sultan in Kampong Glam
sumber : pinterest.com
Jika kalian melihat landmark diatas (Masjid Sultan), sebentar lagi kalian akan sampai ke Haji Lane. Haji Lane berdekatan dengan Masjid Sultan. Ada keterkaitan sejarah antara masjid ini dan salah satu tokoh asal Inggris terkenal yang juga pernah mendiami Indonesia, Sir Thomas Stamford Raffles. Singapura dikuasai Inggris pada 1819, penguasa pulau Singapura yang dulu disebut Temasek, yaitu Temenggong Abdul Rahman dan Sultan Johor, Hussain Shah mendapat keuntungan, karena waktu itu Singapura memang berada dalam kesultanan Johor. Kedua orang itu diberi hak istimewa dan kawasan Kampong Glam.

Sehingga Haji Lane sebenarnya sudah ada sejak tahun 1800-an, meskipun baru populer sebagai destinasi wisata di Singapura beberapa tahun terakhir. Haji Lane sebenarnya adalah sebuah gang kecil (hanya bisa dilalui oleh 1 kendaraan roda empat) yang diapit bangunan rumah toko dua lantai (lazimnya bergaya peranakan) di sisi kiri kanan. Dahulu tempat ini adalah hunian warga Melayu kurang mampu, selain sebagai tempat singgah bagi mereka yang hendak/baru menunaikan ibadah haji sebenarnya.

Pemerintah Singapura lalu merenovasi kawasan ini menjadi area komersil tanpa mengubah wujud klasik aslinya. Kini Haji Lane dan kawasan sekitarnya sudah menjadi ikon wisata Singapura yang wajib dikunjungi, khusunya bagi mereka pecinta fotografi.

Haji Lane paling ideal dikunjungi pagi hari untuk menghindari panas terik dan lalu lalang arus wisatawan. Selain itu, kalian bisa mengambil gambar dengan tenang tanpa harus berebut spot dengan turis lain. Kebanyakan galeri, butik, toko, dan kafe di Haji Lane memang masih tutup. Namun, ini kesempatan baik untuk bisa mengeksplorasi mural, graffiti, street art, human interest dll.

Gambar 2 Signed Haji Lane
sumber : pinterest.com 
Gambar 3 Murral
sumber : pinterest.com
Gambar 4 Colourful House in Haji Lane
sumber : pinterest.com

Leave a Reply

Terima Kasih

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments