Pengunjung

Pengikut

we are family On Selasa, 12 November 2013



Assalamu’alaikum Wr Wb

Hai sobat blogger, bosen juga ya kalo bahas sains melulu. Ok untuk mengistirahatkan otak kita dari zona saturation (titik jenuh). Aku punya cerita atau dongeng menarik nih. Tapi tetep seputar geosains donk.
Ceritanya tentang Gunung Semeru. Kalian yang berdomisili di Malang, tentunya tau donk. Gunung yang satu ni. Ga’ usah basa-basi lagi. Yuk kita simak ceritanya….

                                                          keindahan gunug semeru

Semeru memang memiliki mitos yang menarik. Dalam naskah kuno Tantu Panggelaran yang diperkirakan berasal dari abad ke-15, dikisahkan bahwa Gunung Semeru berasal dari India. Ketika itu, Bumi belum stabil. Pulau Jawa masih terombang-ambing di tengah lautan. Bathara Guru pun memerintahkan para dewa dan raksasa untuk memindahkan Mahameru, gunung tertinggi di India, ke Jawa sebagai pemberat agar kedua pulau itu tetap.

Dewa Wisnu kemudian menjelma menjadi kura-kura yang amat besar. Di atas cangkangnya, Mahameru bergerak dari India ke Jawa. Dewa Brahma mengubah dirinya menjadi ular yang amat panjang dan melilit gunug itu agar bias ditarik. Para dewa dan raksasa menyeretnya ke tanah Jawa.

Mereka meletakkan gunung tersebut di bagian barat Pulau Jawa. Namun, sisi timur pulau itu malah terungkit dan menjadi tidak seimbang. Para dewa pun memindahkan gunung ke bagian timur. Pulau Jawa sudah terpancang di tengah samudera. Namun, Mahameru miring ke utara karena terlalu berat. Para dewa pun memutuskan untuk memotong ujungnya, lalu membuangnya ke bagian barat. Potongan gunung itu diberi nama Pawitra, dan kini berubah menjadi Penanggungan.

Kisah tentang asal mula Gunung Semeru semakin menarik dengan ditemukannya arca Hindu, yaitu Arcopodo, dan prasasti di Ranu Kumbolo. Prasasti di Ranu kumbolo yang berhuruf dan berbahasa Jawa kuno ini diinterpretasikan sebagai peringatan kunjungan raja Kameswara dari kerajaraan Kediri yang berziarah ke sebuah pemandian suci.

Ok sekian dulu, mendaki gunung memang menarik apalagi kalau mengenal sejarahnya.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Leave a Reply

Terima Kasih

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments