Pengunjung

Pengikut

we are family On Selasa, 12 November 2013



Assalamu'alaikum Wr Wb
Hai sobat blogger, bagi kalian yang tinggal di daerah pesisir pantai pasti mengenal donk, istilah ini. Yaps “banjir rob” Pa sich tu banjir rob?

Jadi gini pada waktu sekarang, tepatnya saat musim penghujan. Ni nich mulai banjir rob datang. Dia hanya datang saat musim penghujan doank kok. Jadi kalo musim kemarau aman-aman aja nich.

 Banjir rob diistilahkan sebagai banjir yang terjadi di pesisir pantai, akibat volume air yang naik. Biasanya sich kota yang langganan banjir rob ini, siapa lagi kalo bukan ibukota kita tercinta. Yaps Jakarta! Selain Jakarta tu dekat pesisir pantai. Jakarta juga memiliki berai permasalahan. Seperti diantaranya jumlah penduduk yang semakin tak terkendali aja. Hal tersebut membuat jumlah kebutuhan seperti air bersih pun juga meningkat.

 banjir rob di Jakarta

Nah, karena air tu didapat dari dalam tanah. Maka dibor dech tu tanah, untuk ambil airnya. Karena pengambilannya yang sangat berlebihan. Akhirnya yang terjadi adalah kosongnya kantung-kantung air dalam tanah. Karena bagian dalam tanah berongga, so ambles dech tu tanah. Bahasa geologinya subsidence.
Subsidence tersebut mengakibatkan dpl Jakarta semakin turun atau semakin mendekati ketinggian level air laut. Jadi maka dari tu bila musim penghujan atau sedikit saja volume air laut bertambah, maka dapat menyebabkan banjir rob.

Rob menjadi permasalahan di kota-kota seperti Semarang, Jakarta serta kota-kota yang berada di Pantura Jawa dan akan menjadi permasalahan besar dikemudian hari sejalan dengan pemanasan suhu dunia dan tidak terkendalinya penyedotan air tanah sehingga muka tanah turun.

Ok sekian dulu...

Wassalmu’alaikum Wr Wb

Leave a Reply

Terima Kasih

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments