Pengunjung

Pengikut

we are family On Senin, 09 Desember 2013

Assalamu’alaykum wr wb

Hai sobat blogger, lama ga’ ngeblogging nich. Kali ini aku pengin bahas pertanyaan adikku, pertanyaanx gini “ mbak, kenapa sich koq langitnya warnanya oranye banget”. Saat itu aku bingung mau jawab pa, maksudnya jawaban sederhana tapi logis yang buat anak-anak paham. Akhirnya aku tanya temenku, jawabnya menarik, kayak gini  :
“ kan mataharinya terbenam nak, coba kamu liat matahari yang ada di atas sama di barat waktu mau tenggelam, rasanya saat terbenam tu matahari keliatan jauh banget kan, nah karena jalannya jauh banget, akhirnya dia kecapekan, terhambur deh”. Jawabannya lucu juga ya.hehe
Ok, jadi jawaban ilmiahnya gimana sich.langsung aja kita bahas yuk!


sunset

Aku pake’ konsep hukum Wien ya soalnya lebih mudah,yaitu dimana panjang gelombang berkebalikan dengan temperature abolut. Jadi kan ketika siang hari sudut datang sinar matahri jauh lebih besar, sehingga menyebabkan intensitas panas yang diterima bumi jadi besar, sehingga menyebabkan panas. Panas tuh kan ditandai dengan temperature yang tinggi. Temperature yang tinggi menyebabkan sinar matahari yang muncul  ialah sinar yang memiliki panjang gelombang rendah, yaitu biru, ungu. Tetapi karena mata kita jauh lebih sensitive terhadap warna biru maka warna langit yang terbentuk ialah biru. Sedangkan ketika sunset atau sunrise, sudut datang sinar matahari jadi jauh lebih kecil (misal 4 derajat di atas horizon). Maka temperature yang diterima bumi juga lebih sedikit, sehingga temperaturnya jadi jauh lebih rendah. Karena temperaturnya jauh lebih rendah maka  sinar matahari yang muncul ialah sinar yang memiliki panjang gelombang tinggi dalam sinar tampak seperti warna merah, oranye, atau kuning.

Jadi gini ketika sunrise atau sunset. Sinar matahari tu datang menerobos atmosfer bumi dengan sudut rendah. Ketika matahari berada 4 derajat siatas horizon, maka sinar matahari menerobos matahari lebih dari 12 times ticker daripada ketika matahari berada di atas kepala kita. Pada saat itu sinar matahari telah ditembus oleh sejumlah besar udara, Kebanyakan dari panjang gelombang tampak telah  dihamburkan oleh moekul udara.

Leave a Reply

Terima Kasih

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments